• Breaking News

    Monday, August 7, 2017

    Gejala Kanker Yang Harus Diwaspadai

    Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Sebab, dari berbagai kasus penderitanya berhasil sembuh, namun tidak sedikit juga yang tidak dapat sembuh dan berujung kematian. Tergantung kita menyadari gejala kanker sejak masih dini atau kita menyadari gejala kanker saat kanker sudah semakin membesar dan menyebar ke organ tubuh yang lain.

    Waspada pada gejala-gejala berikut :

    Perubahan pada kulit

    Kanker kulit yang ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. ada juga gejala lain seperti :
    • Pertumbuhan rambut yang berlebihan.
    • Hiperpigmentasi atau warna kulit menjadi lebih gelap.
    • Kulit dan mata menjadi kekuningan.
    • Eriterma atau kulit berwarna kemerahan.
    • Gatal-gatal.
    • Kulit memar tanpa sebab yang jelas.

    Perubahan pada payudara

    Perubahan ini tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga dapat terjadi pada payudara pria.
    • Payudara yang melesak.
    • Kulit payudara berkerut atau kemerahan.
    • Adanya cairan yang keluar dari puting.

    Perut kembung

    Perut kembung yang terasa terus menerus diiringi pendarahan dari vagina atau penurunan berat badan secara signifikan bisa jadi merupakan tanda adanya kanker ovarium.

    Perubahan pada mulut

    Kanker mulut yang sering terjadi pada perokok ditandai dengan adanya bercak kemerahan cerah di dalam mulut dan lidah. Dapat pula bercak yang berwarna putih. Kondisi ini disebut leukoplakia, yaitu masa prakanker yang disebabkan oleh iritasi berulang kali. Umumnya disebabkan oleh merokok.

    Batuk dan batuk darah

    Batuk yang tidak kunjung reda dengan sendirinya hingga empat minggu dan disertai darah dapat menjadi gejala kanker paru-paru.

    Neri ulu hati

    Nyeri ulu hati yang tidak kunjung reda dapat menjadi gejala kanker ovarium, kanker tenggorokan, dan kanker perut.

    Depresi dan sakit perut

    Jika ada riwayat kanker pankreas di dalam keluarga. Depresi yang disertai dengan sakit perut berkepanjangan dapat menjadi gejala penyakit ini.

    Rasa sakit dibagian tubuh tertentu

    Nyeri yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa kanker sudah menyebar ke bagian lain tubuh. Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat menjadi salah satu gejala awal tumor otak. Sedangkan nyeri punggung dapat menjadi gejala kanker ovarium, kanker usus, atau kanker dubur.

    Demam berkepanjangan

    Demam dapat terjadi akibat kanker atau dampak penanganan kanker kepada sistem kekebalan tubuh. Leukemia ataupun kanker darah lain dapat diawali dengan gejala demam yang tak kunjung sembuh.

    Gangguan buang air

    Berbagai perubahan pada buang air dapat menjadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius. Hasrat buang air kecil yang tidak dapat dikendalikan dan air kencing yang susah keluar dapat menjadi gejala-gejala kanker prostat. Adanya darah pada tinja dapat menjadi gejala hemoroid atau bahkan kanker usus. Kencing darah bisa jadi gejala kanker ginjal atau kandung kemih.

    Pendarahan di luar waktu menstruasi

    Pendarahan diluar waktu menstruasi kadang-kadang dapat menjadi pertanda adanya kanker endometrial atau kanker pada dinding rahim.

    Perubahan pada testikel

    Kanker testis yang menyimpan potensi terjadi hanya dalam semalam ini dapat diawali oleh benjolan pada testis pria.

    Rasa sakit saat menelan sesuatu

    Rasa sakit saat menelan yang disebabkan oleh kanker tenggorokan akan terjadi dalam jangka waktu yang lama dan suara menjadi serak dalam jangka waktu panjang.

    Berat badan turun secara derastis

    Penurunan berat badan hingga 4,5 kg atau lebih dalam waktu singkat tanpa sebab yang jelas juga dapat menjadi salah satu tanda yang harus diwaspadai. Kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru timbul dengan gejala awal berupa penurunan berat badan secara drastis tanpa usaha apapun.

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel